VISI, MISI, TUJUAN, PROFIL PELAJAR
SMP NEGERI 1 CIMAHI
KABUPATEN KUNINGAN
Visi yang dimiliki SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan
diturunkan dari tujuan nasional pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003. Adapun Visi SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan adalah
sebagai berikut:
“
TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAK MULIA, UNGGUL DALAM PRESTASI, BERBUDAYA LINGKUNGAN DAN BERBASIS
TEKNOLOGI INFORMASI “
B.
Misi
SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan
Misi SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan ditetapkan sebagai
representasi dari elemen visi dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi
tersebut adalah berakhlak mulia, unggul dalam prestasi, berbudaya lingkungan
dan berbasis teknologi informasi. 5 (lima) misi SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten
Kuningan adalah sebagai berikut:
1.
Membentuk warga sekolah yang
bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan sikap
dan perilakureligius.
Representasi
dari :
v Visi
‘Berakhlak Mulia.’
v Elemen
Profil Pelajar Pancasila ‘Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
BerakhlakMulia.’
2.
Membentuk peserta didik yang
unggul dalam prestasi Akademik maupun Non Akademik di tingkat lokal, nasional,
daninternasional.
Representasi
dari :
v Visi
‘Unggul Dalam Prestasi.’
v Elemen
Profil Pelajar Pancasila ‘Berkebinekaan Global, Mandiri, Bernalar Kritis, dan
Kreatif.’
3. Melaksanakan
gerakan Berbudaya lingkungan. Representasi dari :
v Visi
‘Berbudaya Lingkungan.’
v Elemen
Profil Pelajar Pancasila ‘Gotong Royong dan Bernalar Kritis.’
4. Menyelenggarakan
kegiatan berbasis teknologiinformasi.
v Visi
‘Berbasis Teknologi Informasi.’
v Elemen
Profil Pelajar Pancasila ‘Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.
Mengacu pada visi dan misi, tujuan akhir yang diharapkan oleh SMP
Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan dalam pelaksanaan pembelajaran dibagi kedalam
3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.
1.
Menghasilkan lulusan pembelajar
sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta
tanah air, dan bangga pada budayabangsanya;
2.
Menghasilkan lulusan yang terampil
dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan
teknologi informasi, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi;
3.
Menghasilkan lulusan yang unggul
dalam prestasi Akademik maupun Non Akademik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
1.
Membentuk karakter pembelajar
sepanjang hayat sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila;
2.
Mengembangkan perangkat
pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan mempertimbangkan pengembangan
nilai religius dan budi pekertiluhur;
3.
Mengikutsertakan peserta didik
dalam perlombaan-perlombaan seni seperti FLS2N, dan lomba lainnya serta ikut
melestarikan nilai-nilai luhur budayabangsa;
4.
Menciptakan. lingkungan sekolah
yang sehat dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar, dan
pengembangan nilai cintalingkungan;
5.
Mewujudkan penguasaan Iptek pendidik
dan peserta didik, memupuk sikap ingin tahu, berilmu dan terampil;
6.
Membekali pelajar dengan
penguasaan sesuai dengan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi,
literasisains, literasi digital, literasi budaya
kewarganegaraan, dan literasi finansial);
7.
Memfasilitasi pelajar mampu
membuat projek dan menyusun karya tulisorisinal;
8.
Membekali pelajar dengan keahlian
kecakapan hidup untuk pengembangan bakat dan minatpelajar.
1.
Basis Profil PelajarPancasila
a.
Melaksanakan pembiasaan sikap
berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi
pada100%matapelajaranyangdiselenggarakanbaikdalampembelajaranataudalam bentuk
kegiatanproyek;
b.
Melaksanakan 100% penilaian sikap
berbasis Profil PelajarPancasila;
c.
Mendorong 100% pelajar mencapai minimal
predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil PelajarPancasila.
2.
Proses Belajar
MengajarTerintegrasi
a.
Mendorong agar tingkat
keterlibatan pelajar dalam proses belajar mengajar mencapai 90%;
b.
Mengelola proses belajar mengajar
agar tingkat kepuasaan pelajar mencapai minimal 90%;
c.
Mengintegrasikan project based
learning pada 100% matapelajaran;
d.
Memfasilitasi 100% pelajar
menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project basedlearning.
3.
Evaluasi dan Asesmen denganHOTS
a.
Memfasilitasi100%pelajarmampumencapairata-ratanilaiakhirtahunajaranminimal
70 pada aspek pengetahuan dan keterampilan;
b.
Melaksanakan 100% proses penilaian
yang mengandung minimal 10% soal bertipe HOTS;
c.
Membekali agar 100% pelajar mampu
menjawab minimal 50% soal bertipe HOTS dengan benar;
d.
Membekali agar 100% pelajar mampu
menjawab minimal 100% soal AKM(Asesmen
Kompetensi Minimum) dengan tingkat level kognitif 1 denganbenar;
e.
Membekali agar 100% pelajar mampu
menjawab minimal 70% soal AKM (Asesmen
Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 denganbenar;
f.
Membekali agar 100% pelajar mampu
menjawab minimal 50% soal AKM (Asesmen
Kompetensi Minimal) dengan tingkat level 3 denganbenar.
4.
Student Center Sesuai dengan Bakat
danMinat
a.
Memfasilitasi 100% pelajar
menghasilkan minimal 1 karya tulis
ilmiah berdasarkan projek sesuai denganminatnya;
b.
Mengikutkan 100% pelajar pada
minimal 1 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya;
c.
Mengikutsertakan 100% pelajar pada
minimal 1 lomba/kompetesi akademik dan non akademik per tahun sesuai bakat
danminatnya.
Bentuk hasil akir layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah
adalah kualitas lususannya. Kualitas lulusan menjadi tolak ukur tingkat keberhasilan
program pendidikan yang dijalankan oleh sekolah.Kualitas lulusan yang diharapkan
oleh SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan secara umum tergambar dalam Visi,
Misi dan Tujuan SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan. Lulusan SMP Negeri 1
Cimahi Kabupaten Kuningan diharap juga dapat menjadi seorang pembelajar
sepanjang hayat.
Untuk memberi penggambaran lebih
jelas kualitas lulusan tersebut maka berikut dijabarkan dalam bentuk Profil Pelajar
dari SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan.Profil Pelajar SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningana dalah:
1.
Generasi pembelajar sepanjang hayat;
2.
Berkarakter sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila;
3.
Memiliki kemampuan Akademik sesuai
dengan Profil Pelajar Pancasila;
4.
Memiliki kemampuan Non Akademik
sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila;
5.
Senantiasa mengembangkan diri
sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.