VISI DAN MISI

VISI, MISI, TUJUAN, PROFIL PELAJAR

SMP NEGERI 1 CIMAHI

KABUPATEN KUNINGAN

 

A.   Visi SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan

Visi yang dimiliki SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan diturunkan dari tujuan nasional pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Adapun Visi SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan adalah sebagai berikut:

 

“ TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAK MULIA, UNGGUL DALAM PRESTASI,           BERBUDAYA LINGKUNGAN DAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI “

 

B.   Misi SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan

Misi SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi tersebut adalah berakhlak mulia, unggul dalam prestasi, berbudaya lingkungan dan berbasis teknologi informasi. 5 (lima) misi SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan adalah sebagai berikut:

1.   Membentuk warga sekolah yang bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan sikap dan perilakureligius.

Representasi dari :

v  Visi ‘Berakhlak Mulia.’

v  Elemen Profil Pelajar Pancasila ‘Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan BerakhlakMulia.’

2.   Membentuk peserta didik yang unggul dalam prestasi Akademik maupun Non Akademik di tingkat lokal, nasional, daninternasional.

Representasi dari :

v  Visi ‘Unggul Dalam Prestasi.’

v  Elemen Profil Pelajar Pancasila ‘Berkebinekaan Global, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.’

3.  Melaksanakan gerakan Berbudaya lingkungan. Representasi dari :

v  Visi ‘Berbudaya Lingkungan.’

v  Elemen Profil Pelajar Pancasila ‘Gotong Royong dan Bernalar Kritis.’

 

4.  Menyelenggarakan kegiatan berbasis teknologiinformasi.

v  Visi ‘Berbasis Teknologi Informasi.’

v  Elemen Profil Pelajar Pancasila ‘Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.

 

C.   Tujuan SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan

Mengacu pada visi dan misi, tujuan akhir yang diharapkan oleh SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan dalam pelaksanaan pembelajaran dibagi kedalam 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.

 

Tujuan Jangka Panjang

1.                 Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, dan bangga pada budayabangsanya;

2.                 Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi informasi, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi;

3.                 Menghasilkan lulusan yang unggul dalam prestasi Akademik maupun Non Akademik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

 

Tujuan Jangka Menengah

1.                     Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila;

2.                     Mengembangkan perangkat pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan mempertimbangkan pengembangan nilai religius dan budi pekertiluhur;

3.                     Mengikutsertakan peserta didik dalam perlombaan-perlombaan seni seperti FLS2N, dan lomba lainnya serta ikut melestarikan nilai-nilai luhur budayabangsa;

4.                     Menciptakan. lingkungan sekolah yang sehat dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar, dan pengembangan nilai cintalingkungan;

5.                     Mewujudkan penguasaan Iptek pendidik dan peserta didik, memupuk sikap ingin tahu, berilmu dan terampil;

6.                     Membekali pelajar dengan penguasaan sesuai dengan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasisains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan, dan literasi finansial);

7.                     Memfasilitasi pelajar mampu membuat projek dan menyusun karya tulisorisinal;

8.                     Membekali pelajar dengan keahlian kecakapan hidup untuk pengembangan bakat dan minatpelajar.

Tujuan Jangka Pendek

1.            Basis Profil PelajarPancasila

a.             Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada100%matapelajaranyangdiselenggarakanbaikdalampembelajaranataudalam bentuk kegiatanproyek;

b.            Melaksanakan 100% penilaian sikap berbasis Profil PelajarPancasila;

c.             Mendorong 100% pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil PelajarPancasila.

 

2.            Proses Belajar MengajarTerintegrasi

a.             Mendorong agar tingkat keterlibatan pelajar dalam proses belajar mengajar mencapai 90%;

b.            Mengelola proses belajar mengajar agar tingkat kepuasaan pelajar mencapai minimal 90%;

c.             Mengintegrasikan project based learning pada 100% matapelajaran;

d.            Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project basedlearning.

 

3.        Evaluasi dan Asesmen denganHOTS

a.                  Memfasilitasi100%pelajarmampumencapairata-ratanilaiakhirtahunajaranminimal 70 pada aspek pengetahuan dan keterampilan;

b.                 Melaksanakan 100% proses penilaian yang mengandung minimal 10% soal bertipe HOTS;

c.                  Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 50% soal bertipe HOTS dengan benar;

d.                 Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 100% soal AKM(Asesmen Kompetensi Minimum) dengan tingkat level kognitif 1 denganbenar;

e.                  Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 70% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 denganbenar;

f.                   Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 50% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level 3 denganbenar.

 

4.        Student Center Sesuai dengan Bakat danMinat

a.                  Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 karya tulis ilmiah berdasarkan projek sesuai denganminatnya;

b.                 Mengikutkan 100% pelajar pada minimal 1 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya;

c.                  Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 lomba/kompetesi akademik dan non akademik per tahun sesuai bakat danminatnya.

 

D.   Profil Pelajar Pancasila

Bentuk hasil akir layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah adalah kualitas lususannya. Kualitas lulusan menjadi tolak ukur tingkat keberhasilan program pendidikan yang dijalankan oleh sekolah.Kualitas lulusan yang diharapkan oleh SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan secara umum tergambar dalam Visi, Misi dan Tujuan SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan. Lulusan SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan diharap juga dapat menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat.

Untuk memberi penggambaran lebih jelas kualitas lulusan tersebut maka berikut dijabarkan dalam bentuk Profil Pelajar dari SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningan.Profil Pelajar SMP Negeri 1 Cimahi Kabupaten Kuningana dalah:

1.                     Generasi pembelajar sepanjang hayat;

2.                     Berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila;

3.                     Memiliki kemampuan Akademik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila;

4.                     Memiliki kemampuan Non Akademik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila;

5.                     Senantiasa mengembangkan diri sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.